Membangun Bisnis DotCom : Bagaimana Membangun Bisnis Online : Branding & Marketing, Langkah menjadi dot comer
materi seminar oleh Nukman Luthfie. CEO portalhr
virtual.co.id mantan direktur marketing detik.com, Pertama: pilih yang sesuai dengan passion masing-masing. Dengan passion, langkah akan terasa lebih mudah, kerja akan dilakukan dengan lebih senang. Passion merupakan salah satu tiket — bukan satu-satunya — untuk membuka pintu keberhasilan.
Kedua, kembangkan model bisnis yang tepat.
Ada banyak business model di Internet, mulai dari media online (berbasis iklan dan paid content), e-commerce (toko online), intermediary (B2C dan B2B), online auction (C2C),
dan lainnya.
Ketiga, lakukan riset pasar.
Pemilihan model bisnis ini harus dengan memahami potensi pasar, consumer behavior, serta tren teknologi yang akan mempengaruhi arah bisnis dotcomer, termasuk diantaranya tren Web 2.0.
Keempat, buat tim inti yang tangguh dan padu.
Jangan kerjakan sendiri semuanya. Cari mitra yang bisa mendukung kita meraih mimpi. Jika anda jagoan di konsep, cari mitra yang jago eksekusi, jago pemasaran, serta jago manajemen.
Kelima, ide original.
Tingkat keberhasilan dotcomer akan lebih tinggi jika idenya original. Maka riset pasar pun juga perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ide tersebut sudah dieksekusi pihak lain atau belum. Jika sudah, cari celah yang belum tergarap, dan buat ide original dari situ.
Saya contohkan bagaimana saya membangun portal khusus di bidang manajemen sumber daya manusia PortalHR.com. Di saat pemain lain sibuk membuat portal rekrutmen, saya justru melihat ada celah yang terbaikan: sumber ilmu bagi para praktisi HRD. PortalHR.com adalah pionir di bidang HR Online, dengan performa dan potensi bisnis yang cukup baik.
Keenam, mempraktekkan dengan tekun dan konsisten seluruh proses online brand building.
Lakukan langkah-langkah strategis online brand building, mulai dari membangun trafik, meningkatkan user engagement, membangun loyalitas pengunjung, menganalisa user behavior, dan melakukan penambahan nilai secara berkala.
Agar mudah dipahami, keenam langkah tersebut saya lengkapi dengan berbagai studi kasus di Indonesia, termasuk online media Bisnis.com, Selular.co.id dan Niriah.com, toko online berorientasi eksepor Rattanland.com, toko buku Kutukutubuku.com dan lain-lain.
tambahan lagi:
Nukman Luthfie juga entrepreneur sejati di dunia dot com. Ketika keluar dari detik dia sempat ditawari kerja dengan gaji puluhan ribu dolar ( dolar bukan rupiah ) dan jaminan gaji lima tahun ( jadi kalo perusahaan tutup and angkrut dia tetep dapat gaji selama 5 tahun penuh) tetai di tolak karena dia lebih ingin membangun bisnis sendiri.
Alhasil sekarang kita bisa melihat virtual.co.id sebuah consulting website yang sangat ternama di Indonesia.
0 komentar: